Tuesday, June 17, 2008

BHPM di Tanjung Selor 17 Juni 08

Beberapa Artis ibukota turut memeriahkan KKR pemuda di Tanjung Selor kemarin. Salah satu tokoh yang cukup populer ialah pelawak Polo yang pernah terjerat dalam kasus Narkoba namun kini telah bebas. Dimulai dengan lawakan setelah itu ia memberikan kesakssian berupa cerita kehidupannya, pengalaman, serta menaikkan beberapa pujian. Tahukah saudara, ternyuata suaranya tidak seburuk yang kita bayangkan.

Namun yang menarik adalah ketika ia mengatakan bahwa semua anak Tuhan itu adalah Pdt. Bukan hanya bapak gembala, pendeta ini dan pendeta itu yang mempunyai gelar Pdt. Tetapi kita semua adalah Pdt. Saya cukup terheran-heran akan apa yang akan ia sampaikan. Lalu ia melanjutkan. Leoni itu pdT: yaitu Penyanyi dalam Tuhan; Bapak bupati juga pdT: pemerintah dalam Tuhan; saya juga adalah pdT: Pelawak dalam Tuhan; Banyak bapak-bapak yang pdT: pengusaha dalam Tuhan; dan saudara-saudara di sini juga merupakan pdT: pemuda dalam Tuhan. Dari semua yang ia sebutkan, ada 2 kata yang selalu sama diucapkan yaitu DALAM TUHAN. Seakan-akan ingin memberitahukan bahwa setiap anak-anak Tuhan, apapun profesinya, ia harus hidup di dalam Tuhan.

Tiba-tiba saya teringat bahwa Rasul Paulus juga sangat suka menggunakan istilah EN KRISTOU (di dalam Kristus) dalam setiap suratnya. Kitab Roma sendiri yang kaya akan pengajaran dan Teologi itu dipenuhi dengan frasa EN KRISTOU tersebut di dalamnya. EN KRISTOU adalah frasa unik yang merupakan ciri khas dari rasul Paulus. EN KRISTOU ini menyatakan bahwa Kristus adalah unsur yang menentukan hidup dari orang-orang percaya. Manusia dibabtis di dalam Kristus (Rm 6:3; Kita bebas dari dosa di dalam Kristus dan kita memperoleh hidup yang kekal juga di dalam Kristus (Rm. 6:23); Dalam Kristus kita dibebaskan dari kutukan hukum taurat (Rm 8:1); kita menjadi ciptaan baru hanya di dalam Kristus (2 Kor 5:17); Kita diampuni di dalam Kristus (Ef 4:32); kita dipanggil di dalam Kristus (1 Ptr 5:10); kita dikasihi di dalam Kristus (Rm 8:39); Pembenaran manusia terjadi di dalam Kristus (Rm 8:10, Gal 2:17). Orang Kristen secara pribadi adalah "orang di dalam Kristus" (2 Kor 12:2). Dan sebuah gereja ada di dalam Kristus (1 lor 4:15, Flp 1:13); umat percaya adalah satu tubuh di dalam Kristus (Rm 12:5); dan banyak lagi.
Oleh karena itulah Paulus dapat berkata di Gal 2:20 "Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Hidup yang sekarang aku hidupi secara jasmani adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi dan menyerahkan diri-Nya untuk aku."

Apa artinya itu. Artinya ialah: "Dalan Kristus" adalah segala-galanya. Manusia hanya dapat hidup di dalam Kristus. Hidup yang penuh arti hanya ada di dalam Kristus. Semua kekuatan, penghiburan dan pengharapan kita hanya didapatkan di dalam Kristus. Oleh karena itu saudara, hiduplah dan tinggal di dalam Kristus. Apapun profesi kita, siapapun kita, entah kaya atau miskin, tua atau muda, terkenal atau tidak,sehat atau sakit, sedang bersukacita atau berduka, mari kita tetap hidup di dalam Kristus. Sebab di luar Kristus kita tidak bisa berbuat apa-apa. Dan di dalam Kristus kita akan menemukan apa yang namanya hidup.

No comments: