Saturday, July 19, 2008

Buku Harian Pelayanan Misi di Tanjung Selor (13-19 Juli 08)

Selama minggu ini kami pergi ke desa Teluk selimau yang merupakan target terakhir dari kunjungan pelayanan dan pelatihan kami.
Kami tiba hari sabtu siang sampai jumat minggu depannya.
Desa ini dapat saya katakan sebagai desa nanas. Karena hampir di setiap rumah di tanam puluhan pohon nanas. Terlebih istimewanya, nanasnya besar-besar (lebih besar dari kepala saya). Karena jumlahnya yang gak karuan banyaknya, setiap hari kami harus menghabiskan 3 -5 buah nanas. Nanas-nanas tersebut biasanya dijual ke pasar di kota-kota dan banyak keluarga-keluarga dari masyarakat yang ada di desa lain datang untuk mengambil nanas di sana.

Suasana desa ini cukup sepi, karena rumah penduduk yang sedikit dan jarang-jarang. Kalau siang hari, dijamin keringat bercucuran karena suhu udara yang sangat panas. Mau tidur siang gak bisa, mau baca buku gak konsen, mau jalan-jalan juga malas, bagi yang ingin diet sepertinya bisa mampir ke desa ini :p.
Namun di malam harinya, desa ini memamerkan keindahan alam yang jarang kita temukan di kota-kota. Bulannya bersinar sangat terang, sehingga jika kita berjalan di malam hari, kita tidak memerlukan senter dan lampu. Sinar bulan itu cukup untuk menerangi jalan kita. Selain itu bintang-bintang bertaburan dan kurasa terangnya juga lebih mmenarik daripada bintang-bintang di kota (padahal bintangnya sama). Selain itu garis awan tampak begitu jelas di malam hari. Indah bukan. Apa lagi di sekitar ada lapangan rumput yang luas, sehingga udara sangat sejuk di malam hari.

Pelayanan kami berjalan baik di sana. Pelatihan, khotbah, panbo dan sebagainya berjalan sesuai rencana. Yah, tapi sangat di sayangkan, jemaat di desa ini kurang antusias dalam beribadah. Sehingga sangat sedikit dari mereka yang datang kegereja dan mengikuti pelatihan-pelatihan. Majelis-majelisnya pun hampir tidak terlihat sama sekali. Sepertinya banyak Kristen KTP di sini. Namun kami berharap apa yang kami berikan tidak sia-sia. Namun bisa menjadi berkat bagi orang-orang sekitar.

Tolong doakan, pelayanan kami terakhir di kota tanjung selor, di mana kami harus memberikan training penginjilan untuk anak selama 4 hari. Doakan ya. Thanks

No comments: