Friday, August 08, 2008

Ikan Gumpal Balon


Di perairan dekat Pulau Hokkaido sebelah utara Jepang barusan ini ditemukan spesies ikan yang lucu. Ikan itu bentuknya bulat, warnanya cerah, mukanya juga bulat seperti Doraemon. Oleh karena itu ikan itu diberi nama ikan Gumpal Balon (Eumicrotemus Pacificus).


Yang menarik, di bawah perut ikan ini terdapat piringan isap, yang sering digunakan untuk menempel. Agar tidak hanyut oleh arus kuat laut, ikan lucu ini biasanya menempel di sebuah karang yang keras. Ikan ini tampak kecil dan lemah, sehingga mereka tidak mungkin mampu melawan arus yang besar itu dengan usaha mereka. Yang mereka lakukan hanyalah menempel dan bertahan.


****

Di daratan dan pulau dekat perairan seluruh bumi ini juga ditemukan mahluk kecil dan lemah yang bernama Manusia (Antropus Kosmosicus, J ). Spesies ini sepertinya spesies yang paling sempurna. Mereka memiliki dua tangan, dua mata, dua kaki, dua telinga, hidung dan mulut. Mereka bisa berbicara, bercanda, menangis dan berpikir. Oleh karena itu mereka diberi nama manusia.


Tak kalah menarik, di dalam mereka juga terdapat piringan isap dalam hatinya, yang berfungsi untuk menempel pada Pencipta-Nya yang MahaKuasa itu, ketika melewati arus kuat badai. Piringan Isap itu berguna untuk bertahan agar mereka tidak hanyut oleh arus dunia ini.


Tapi sayangnya, spesies jenis ini tidak terlalu suka menggunakan piringan itu. Mereka lebih suka berenang dengan kekuatan sendiri menghadapi kuat arus dunia. Mereka pikir kuat arus dunia itu hanya dibatasi oleh apa yang namanya penderitaan. Padahal dikatakan bahwa waktu-waktu ini adalah waktu yang jahat; ini berarti mereka selalu berada dalam arus badai yang kuat, yang siap menghanyutkan mereka. Tapi sekali lagi sayang, mereka menyia-nyiakan piringan isap itu.


Bagi mereka yang suka menempel pada Batu Karang yang MahaKuasa itu, mereka akan bertahan dan terus bertahan. Sebab Batu Karang itu melindunginya. Tetapi mereka yang berjuang sendiri, akan terus hanyut mengikuti arus, dan akhirnya akan celaka oleh gelombang ganas arus dunia.


So Bagaimana keputusanmu?


Mazmur 73:28a "Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah"

No comments: