Thursday, January 10, 2013

Berhenti Menghakimi




Yohanes 8:7b“Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.”

Kita harus jujur mengakui bahwa seringkali kita entah dengan sadar atau tidak, sering menghakimi keberadaan sesama kita.  Walaupun seringkali hal itu kita ungkapkan berdasarkan fakta-fakta dan bukti-bukti yang akurat, harus kita pikirkan dan renungkan kembali, apakah semua itu sesuai dengan kehendak Tuhan?
Ketika Ahli-ahli Taurat dan orang Farisi datang kepada Yesus membawa seorang perempuan yang berjinah, dan hendak melempari mereka dengan batu, mereka bertanya kepada pendapat Yesus.  Jelas-jelas dalam hukum Musa dikatakan jika seorang yang kedapatan berjinah maka ia harus dilempari dengan baktu.  Dan secara fakta memang perempuan itu berjinah.  Namun bagaimana respon Yesus?  Ia malah berkata “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.”  Akhirnya tidak ada seorangpun yang berani melempari perempuan itu dengan batu, karena mereka menyadari bahwa dirinyapun banyak dosa. (HF)   

Mari berhenti menghakimi, sebab kita sendiripun layak untuk dihakimi.

No comments: