Monday, January 07, 2019

Aku Harus Berubah







Kita sering mendengar orang berkata demikian “Kamu sekarang udah berubah, udah tidak seperti dulu.”…. Perkataan ini biasanya memiliki konotasi yang agak negatif, di mana ia (orang yang mengatakan), dengan perasaan kecewa menyayangkan perubahan orang yang bersangkutan. Mungkin perubahan itu membuat hubungan mereka menjadi tidak dekat lagi. Namun ketika saya memikirkan lagi perkataan itu, hmmm, saya mulai bertanya: “bukankah setiap kita memang harus berubah? Mengapa kita harus sama seperti dulu?” Kalau kita tidak berubah itu berarti kita berada dalam stagnansi hidup, atau kita tidak bertumbuh. Bayangkan aja kalau dari usia 10 tahun tinggi kita tidak berubah, berat kita tidak berubah, pikiran kita tidak berubah (masih childish), dan karakter kita tidak berubah, bukankah itu malah menunjukkan bahwa something wrong with you?  Justru sebagai manusia yang hidup dan benar-benar hidup, kita harus mengalami perubahan demi perubahan.
Tapi tidak semua perubahan itu baik. Ada kalanya perubahan yang terjadi malah mengantar hidup kita kepada titik yang lebih buruk dari sebelumnya. Tentu saja bukan perubahan seperti itu yang kita inginkan. Nah, menjelang tahun 2019, tentu kita harus berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya.  Dan inilah beberapa tips untuk mengalami perubahan yang lebih baik itu.

1, Jangan takut berubah
Pertama-tama, jangan pernah takut untuk berubah. Seperti yang sudah dikatakan di atas, perubahan itu sesuatu yang pasti. Justru ada yang salah jika kamu tidak mengalami perubahan.  Perubahan tentu membutuhkan pengorbanan. Kadang kita harus keluar dari zona nyaman kita, kadang kita harus terluka demi perubahan, kadang kita harus berpisah dengan mereka yang kita kasihi, demi sebuah perubahan, dan sebagainya. Mungkin ada banyak air mata dan sayatan luka yang tertoreh karena kita ingin berubah. Ini semua membuat kita enggan untuk berubah. Tapi jangan takut akan hal itu, jika semua itu mengantar hidupmu menjadi lebih baik dan lebih berarti, mengapa tidak berani berubah? Sama seperti pepatah: bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian.

2, Jangan berubah hanya untuk ikut-ikutan
Kita berubah bukan untuk ikut-ikutan. Semua orang begini, saya begini. Semua orang melakukan itu, saya juga melakukan itu.  Semua orang memakai smartphone terkini, saya juga harus memakainy. Tidak! Jangan berubah hanya karena ingin ikut-ikutan. Biasakan diri untuk menganalisa, apakah pilihan saya untuk berubah itu membuat diri saya menjadi semakin baik? Atau jangan-jangan malah membuat saya menjadi pribadi yang semakin buruk. Jika perubahan itu membuat dirimu semakin buruk, tinggalkan itu, dan cobalah langkah perubahan yang lain. Jangan berubah hanya karena latah akan perkembangan jaman, karena tidak semua perubahan yang kita lakukan itu membawa hidup kita menjadi lebih baik. Biasakanlah bertanya kepada diri: apa tujuannya saya mengubah diri saya demikian? Apakah ada faedahnya?

3, Berubahlah untuk sebuah kemajuan
Inilah alasan yang tepat tentang perubahan kita. Berubahlah demi kemajuan dirimu.  Hal ini seharusnya menjadi tujuan utama dalam perubahan kita. Berubahlah agar engkau memiliki karakter yang lebih baik, engkau mengalami kedewasaan yang lebih baik, dan engkau menjadi pribadi yang lebih baik.  Kalau yang dulu masih suka membenci, tahun depan harus lebih mengasihi. Kalau yang dulu terlalu suka bermain dan kurang disiplin, tahun depan harus menjadi lebih disiplin. Kalau yang dulu masih suka marah, tahun depan harus lebih sabar. Kalau yang dulu saya suka berpikir sempit, tahun depan harus berpikir lebih terbuka. Kalau tahun lalu saya melakukan rutinitas ini, tahun depan saya mau mengganti beberapa rutinitas saya demi hidup yang lebih baik; dan sebagainya. Itulah perubahan. Kita berubah demi sebuah kemajuan dalam diri kita, usaha kita, keluarga kita, dan seluruh kehidupan kita.

So,….. Sudah siap berubah di tahun 2019 sobat? Siap menjadi pribadi yang lebih baik? Siap melewati hidup yang berbeda?  Mari berubah.

No comments: