Sunday, February 20, 2011

Firman-Mu Terang Dalam Hidupku (Mazmur 119:105-112) # 2



2. FT baik bagi mereka yang tertekan

Tidak ada seorang penghibur yang dapat menghibur lebih baik dari pada Alkitab. Karena Tuhan kita adalah Tuhan yang penuh kasih, maka berita Firman-Nya adalah berita penuh penghiburan dan kekuatan. Pemazmur menemukan hal itu ketika merenungkan FT. Di ayat 107 ia berkata “Aku sangat tertindas Tuhan....hidupkanlah aku dengan firman-Mu.” Kebanyakan penafsir mengatakan bahwa Mazmur 119 ini ditulis oleh Daud. Pada waktu ia menulis ini ia sedang berada dalam kejaran musuh. Entah dikejar oleh Saul, entah dikejar oleh Absalom, yang pasti hidup Daud sangat menderita. Nyawanya terancam, dan hidupnya menjadi tidak jelas karena statusnya adalah pelarian. Hidup sebagai pelarian itu tidak enak. Jauh dari keluarga. Harus berpindah-pindah tempat. Merasakan kesepian. Dan hidup dalam ketakutan. Saya membayang Daud tidak bisa tidur spanjang malam. Ia harus berjaga-jaga kalau-kalau pasukan musuh tiba-tiba datang menyerang. Karena itulah Daud berkata “Aku sangat tertindas Tuhan.” Jiwanya sengsara dan ia sangat menderita, seperti orang yang mau mati rasanya. Menariknya justru dalam penderitaan itulah ia berkata “Hidupkanlah aku dengan Firman-Mu”. Ditengah penderitaan yang dialaminya, ditengah kesusahan yang dialami, Daud sadar bahwa Firman Tuhanlah yang mampu menghibur bahkan menghidupkannya.

Memang didalam Firman Tuhan penuh dengan kata-kata penghiburan dan kekuatan. Bagi mereka yang cemas Firman Tuhan berkata “Jangan engkau khawatir....jika burung saja dipelihara apalagi engkau.” Bagi mereka yang berduka, Firman Tuhan berkata “Adakah seorang ayah memberi batu kepada yang meminta roti?” Kepada mereka yang merasa tidak dikasihi FT berkata “Sebab begitu besar kasih Allah kepada manusia” Jika engkau merasa sebagai orang yang tidak diinginkan Ft berkata ‘Jikapun ada ibu di dunia yang melupakan anak-anaknya, sekali-kali aku tidak akan melupakanmu.” Dan ketika kita takut akan apa yang terjadi di masa depan FT berkata “Sebab aku telah menyiapkan rancangan damai sejahtera, dan bukan rancangan kecelakaan” ....dan ada banyak lagi kebenaran-kebenaran Firman Tuhan yang dapat menguatkan dan menghibur kita.

Ijinkan saya mensharingkan pengalaman saya bersama Firman Tuhan. Sejak SMU tidak tahu apa sebab musababnya, tiba-tiba saya memiliki sebuah Fobia yang sangat menakutkan. Fobia itu semacam perasaan takut yang berlebihan dan tidak masuk akal. Nah Fobia saya itu adalah tidak bisa diruangan yang sesak pengap dan panas. Semua itu membuat saya mengalami ketakutan yang sangat. Setiap kali fobia saya membayangkan bahwa saya sedang dikubur hidup-hidup yang tidak bisa berbuat apa-apa. Dan betul-betul kalau fobia tidak ada yang dapat mencegah rasa takut itu. Sampai pernah sanking parahnya, saya pernah pingsan oleh karena fobia itu. Lantas saya pergi konseling kepada seorang Pendeta dan menjelaskan semua keadaan saya. Iapun tidak membantu banyak. Ia hanya memberi pesan kepada saya untuk membaca Mazmur 139. Dan setelah konseling itu, Fobia saya terus menyerang. Hampir tiap malam saya tidak bisa tidur karena mengalami ketakutan. Sampai suatu saat ketika Fobia itu menyerang, saya teringat ayat yang disuruh baca sama pendeta itu. Akhirnya dengan perasaan takut saya membaca ayat itu pelan-pelang. Firman itu berkata demikian “Kemana aku dapat pergi menjauhi Roh-Mu, kemana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki ke langit Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.” Perkataan ini mengejutkan. Bukankah selama fobia saya merasa seperti dikubur hidup-hidup? Tapi FT berkata “jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.” Sejak saat itu setiap kali Fobia menyerang, saya selalu berkata tidak Tuhan ada disini, bersama dengan saya sekarang, dan dekat dengan saya. Ia senantiasa dekat dengan saya. Tidak ada satuhalpun yang dapat memisahkan saya dari Tuhan.” Keyakinan itu ternyata berhasil membuat saya keluar dari rasa takut itu. Beberapa tahun lamanya saya tidak lagi mengalami fobia. Setiap kali fobia menyerang saya akan ingat Firman ini, bahwa dimanapun saya berada, Tuhan ada disisiku. Firman Tuhan itulah yang telah menolongku keluar dari semua penderitaan dan kesesakkan yang saya alami.

Saudara, masih banyak perkataan Firman Tuhan yang dapat menghibur dan menguatkan kita. Firman Tuhan baik bagi mereka yang tertindas dan penuh pergumulan. Karena itu pergumulan apa yang saudara alami saat ini, marilah datang kepada Tuhan. Nikmati penghiburan-penghiburan dari pada Firman-Nya. Ijinkanlah Firman itu menguatkan dan memberikan kelegaan kepada saudara. Baca dan renungkan firman Tuhan setiap hari seumur hidupmu. Maka kita akan dimampukan untuk melewati badai-badai dalam kehidupan kita.
Karena itu mari kita tekun dalam merenungkan Firman Tuhan ini. Selain Firman ini dapat menjadi penuntun hidup kita, Firman Tuhan juga baik bagi jiwa kita yang sedang tertekan. Milikilah surat cinta dari Tuhan ini. Bukan hanya sebagai buku, tapi milikilah dalam hati kita.

No comments: