Tuesday, November 29, 2011

Bersama Tuhan Pasti Bisa (1 Samuel 17) #1




Waktu saya masih kecil saya paling takut jika terjadi mati lampu di malam hari. Karena mendadak suasana jadi panas dan saya tidak dapat melihat apa-apa karena itu saya menjadi ketakutan. Saya kira rata-rata anak-anak takut akan hal yang sama. Acapkali setiap mati lampu saya meresponinya dengan berteriak dan menangis ketakutan. Papa saya yang kamarnya persis di sebelah kamar biasanya selalu terbangun karena tangisan saya. Dan saya ingat betul, biasanya dia dari sebelah sudah teriak “Dek....sudah jangan nangis...” dan segera ia akan menghampiri kamar saya dan berkata “Sudah tenang ada papa”. Kemudian biasanya papa saya akan membawa saya kekamarnya dan saya ditidurkan disampingnya, di antara papa dan mama saya. Anehnya setiap kali saya tidur di dekatnya, perasaan takut itu lenyap. Walau lampu di rumah belum juga menyala, saya tetap dapat tidur dengan nyenyak dalam ketenangan dan kedamaian. Dari hal itu saya melihat ketenangan itu didapat bukan ketika semua berjalan dengan baik. Namun ketenangan dan keamanan itu didapat ketika ada seorang yang sungguh-sungguh dapat dipercaya, yang jauh lebih kuat dari kita, dan yang mengasihi kita, ada bersama dengan kita.

Sadar atau tidak, kitapun membutuhkan Tuhan yang adalah Bapa di Surga untuk menolong hidup kita. Dunia ini adalah dunia yang dikuasai oleh kegelapan oleh karena dosa. Sejak manusia jatuh dalam dosa, Firman Tuhan mengatakan bahwa Tanah menjadi terkutuk. Dan manusia dikatakan akan mengalami kesakitan dan akan berjerih lelah. Ditambah iblis yang adalah bapa dari segala kegelapan itu akan terus mencobai kita. Oleh sebab itu hidup kita jadi penuh dengan persoalan dan permasalahan yang tidak pernah habis-habis. Bencana-bencana yang menimpa; krisis moneter yang mencekik dan merampas waktu kita; masalah keluarga yang semakin hari semakin kompleks; masalah ekonomi; masalah pendidikan dan karakter anak-anak atau cucu kita; belum lagi sakit penyakit yang tidak pernah berhenti berkembang dan menyerang seluruh manusia tanpa ampun; bahkan mungkin banyak juga masalah-masalah dalam diri kita yang begitu menusuk seperti duri dalam daging. Permasalahan-permasalahan seperti inilah yang menggerogoti dunia kita saat ini. Tak heran kita sering menjadi takut, khawatir, cemas, tak berdaya menghadapi persoalan-persoalan.
Oleh sebab itu, dalam kehidupan di dunia ini kitapun memerlukan seorang Bapa yang sungguh dapat dipercaya, yang jauh lebih kuat dan berkuasa dari kita, yang mengasihi kita, dan yang ada bersama dengan kita. Keberadaan ayah didunia ini terbatas. Mereka bisa menjadi lemah dan tua. Dan mereka tidak selalu bisa ada bersama dengan kita. Namun ada kabar baik untuk kita. Bagi kita umat yang percaya, kita memiliki Tuhan yang kepadanya kita dapat memanggil Abba Bapa. Kita punya Tuhan yang mengasihi kita. Dan ketika kita berjalan bersama Tuhan, kita akan bisa menghadapi setiap permasalahan dan persoalan tersebut. Itulah tema yang ingin kita renungkan hari ini: “Bersama Tuhan Pasti Bisa”.

No comments: